Minggu, 20 Juli 2014

Alasan Logis Di balik Semua Ajaran Islam

Alhamdulillah dari kecil pasti gak absen dibekali ilmu agama. Dari memanggil guru ngaji privat ke rumah, sampai dimasukkan ke dalam sekolah agama. Dan tambah bersyukur juga karena eksposur ajaran-ajaran agama islamnya masih dijalur keseimbangan antara Habluminallah dan Hablumminannas. Cuma saja, ajaran-ajaran yang boleh dan tidak boleh itu dijelaskan hanya sampai tahap "bahwa itu dilarang dalam islam, bahwa itu diwajibkan dalam islam" saja tanpa dijelaskan lebih lanjut mengapa itu diwajibkan dan mengapa itu dilarang. Dan pada akhirnya, gue menemukan sendiri alasan dari beberapa himbauan-himbauan tersebut, bahkan ketika puluhan tahun kemudian (kesel). Misalnya nih yah:
1. Dilarang minum sambil berdiri, minimal harus jongkok. Awalnya sih bingung, kenapa sih emangnya minum gak boleh berdiri? Kirainnya dulu nyambung-nyambungnya ke arah sopan santun atau karena Rasul dan sahabat-sahabatnya gak pernah minum sambil berdiri. Nah, ternyata dari sisi medis, jika kita minum sambil berdiri, air yang kita minum akan langsung mengalir ke kantung kemih dan kemudian siap dibuang. Sedangkan, air yang kita minum harus mengalir ke seluruh tubuh untuk membantu mengganti sel-sel yang rusak dan memenuhi cadangan air yang terbuang karena aktifitas yang kita lakukan. Nah, itu semua akan terjadi jika kita minum sambil duduk.. Oooooohhhhh.
2. Diwajibkan atas kita berpuasa sebulan lamanya di bulan Ramadan. Yaudah lah yah, ternyata jelas di dalam surat Al-Baqarah ayat 183-184 untuk kita berpuasa di bulan Ramadan, karena bulan berkah untuk berlomba-lomba mencari pahala dan ampunan dosa. Ternyataaaaa....ada alasan medis di balik itu semuaaaaa. (Gilak kemana ajeeee guveeeeyyyy..), Ternyata tubuh kita butuh proses detoks a.k.a rehat sejenak dari penimbunan lemak yang kita lakukan selama 11 bulan terakhir. Intinyaaa...ini bulan untuk mengeluarkan racun-racun.. Haft..haft..haft...telat banget sadarnya.
3. Tidak boleh minum dalam satu nafas...jadi kalau lagi menegak minuman, harus dijeda..tidak boleh dihabiskan dalam satu kali nafas. Hal ini berasalan untuk mencegah tenggorokan tersedak dan mengakibatkan air masuk ke dalam paru-paru karena kehabisan nafas akibat panjangnya waktu minum dalam sekali tegak dan satu nafas.
4. Wajib ASI 2 tahun itu ternyata dari ajaran Islam (Qur'an Hadist). Kyaaaaaa......gizi alami yang harus dikonsumsi oleh bayi itu adalah 2 tahun. Dan himbauan ini ternyata direkomendasikan oleh seluruh ahli gizi dan dokter-dokter di seluruh dunia...Ikutan kan loeeee semuaaaaa...

Makna lainnya sepertinya akan muncul satu per satu sejalan waktu. Jadi sebenarnya ajaran islam itu tidak kaku. Tetapi berlaku sampai akhir zaman.


Proud for being part of it.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar